Minggu, 13 Maret 2016

Cara Mudah Memperbaiki Flasdisk yang Selalu Minta di Format


Kali ini saya akan memberikan Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Format ( Flashdisk atau USB flash drive) Flashdisk  adalah ruang penyimpanan data virtual yang saat ini tetap bertahan dan semakin berkembang sampai saat ini. Jika dahulu ruang penyimpanan dari flashdisk berukuran kurang dari 1 GB, maka modern ini USB flash drive sudah hadir dengan ukuran penyimpanan bergiga-giga dengan bentuk dimensi yang super slim. Namun begitu, perkembangan dari flashdisk sendiri tidak serta merta tanpa hambatan. Masih ada banyak masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna dan salah satunya adalah flashdisk yang meminta format secara terus menerus. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara memperbaiki flashdisk minta format.

Penyebab dari flashdisk minta format sendiri cukup banyak, mulai dari keadaan software yang eror atau rusak, terkena virus, port yang bermasalah, perangkat PC yang bermasalah dan hardware. Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Lakukan Low Level Format
Cara ini dapat dilakukan jika perangkat Anda menggunakan produk Windows 7 atau 8. 2. Langkah untuk memulainya adalah dengan pergi ke bagian “run”, lalu ketikan “compamgmt.msc” (tanpa tanda petik).
Cari huruf flashdisk Anda. Jika ada di “E:” maka pilih yang ada di daftar tersebut. Selain itu, biasanya pada compamgmt sudah ada nama dari flashdisk Anda.
Selanjutnya Anda tinggal mem-format flashdisk dengan file tipe FAT32 hingga selesai.
Lepas dan pasang kembali flashdisk. Jika berhasil, USB drive Anda tidak akan kembali meminta format.
Software recovery
Cara ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang biasanya bernama USB flash drive recovery atau repair flashdisk. Fungsinya hampir sama dengan Low Level Format manual, yaitu mengubah tipe flashdisk menjadi tipe FAT32.
Atau unduh Hard Disk Low Level Format Tool : http://www.sharebeast.com/z3cbmm5obzkk
Gunakan CMD
1.     Seperti cara pertama, Anda harus mengetahui dulu huruf dari flashdisk yang ingin dieksekusi. Misalnya, “flashdisk E:”.
2.     Selanjutnya masuk ke mode “run” lalu ketikan kata “cmd”.
3.     Selanjutnya akan muncul command dengan ciri khas background hitamnya. Anda bisa mengetikan perintah pada kolom tersebut. Dalam masalah ini, ketikan kata “format E:” atau “format [huruf:]”. Tunggu hingga proses selesai.
4.     Selanjutnya lepaskan dan masukan kembali flashdisk Anda ke perangkat komputer.
5.     Jika sudah tidak lagi meminta format, maka Anda berhasil dengan cara ini.
Gunakan CMD (2)
1.     Cara menggunakan CMD untuk mengatasi flashdik minta format kedua ini sama dengan yang pertama. Bedanya, Anda hanya perlu mengganti kode perintah menjadi “CHDSK E:/R” atau “CHDSK [huruf:]/R”.
2.     Tunggu hingga proses selesai, lalu lepas dan masukan kembali flashdisk Anda.
3.     /R adalah perintah format dan repair. Selain itu, Anda bisa mengganti kode tersebut dengan kode “/F” untuk perintah format tanpa repair.
Demikianlah cara memperbaiki Flashdisk yang selalu minta di Format semoga berhasil salah hangat dari saya Aris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.